Ngeblog dan menulis itu tidak mudah

Beneran lho, menurut saya pertama: nulis itu sulit sekali. Kedua: Ngeblog jauh lebih sulit.

ngeblog di wordpress sudah saya lakukan berkali-kali, juga di blog lain.to make a blog is easy, to maintain is other thing

Kalo cuma nulis asal nulis sih gampang ya, tapi nulis yang enak dibaca orang, yang sistematis dan kita sendiri nggak bisa berhenti membacanya berulang-ulang saking puasnya sama hasil tulisan kita itu susyyaaaah. Saya aja berkali-kali tu nyoba bikin tulisan yang bagus tapi selalu aja, ditengah ada ide yang lebih bagus lagi, eh kayaknya nggak runtut deh, eh depannya diubah ah biar bagus, atau terlalu banyak referensi dan akhirnya bubar jalan ahahahahaha.

Sungguh saya salut dengan orang yang bisa menulis. Apalagi yang bisa hidup dari menulis. Apapun itu bentuknya. Tapi bukan wartawan ya, kalo itu saya juga salut, tapi salutnya beda.
Saya sendiri waktu jadi wartawan dulu, bisa menulis 3-4 bahkan 5 artikel setiap harinya. Tapi kalo disuruh nulis sebuah tulisan yang berdasarkan pendalaman pemikiran apalagi imajinasi, doohhhh, mentok abis. Pasti nggak selese. Jangankan untuk yang tulisan komersil, yang curhat sehari-hari aja selalu putus di tengah jalan.

Yah kata mantan redaktur saya, pada dasarnya wartawan adalah penulis gagal. Karena mereka cuma bisa menulis berdasarkan fakta yang ada. Memang tulisannya jadi buagus alias bisa membungkus fakta dengan kata-kata indah. Tapi coba deh kalo disuruh nulis novel atau buku dari pemahaman dan imajinasi sendiri. Pasti produktifitasnya bisa ngedrop dari langit ke kerak bumi kalo dibanding dengan produktifitasnya ‘melaporkan’ fakta.

Kalo imajinasi udah tinggi, tapi nggak bisa merangkumkan semuanya dengan kata juga tetep susah lho. Yang ada malah mleber kemana2 dan orang nggak ngerti. Dan yang pasti yang jadi kendala adalah waktu. Saya sendiri, ide sih buanyakkk, imajinasi sih liar =p, tapi waktunya yang gak bisa akur. Payah.

Lalu ngeblog. Terserah deh blognya mau hasil pemikiran sendiri dan curhatan, mo tentang iklan, mo isinya tipuan2 bisnis, cuplikan dari blog2 orang,apapun itu yang jelas menurut saya ngeblog itu juga susyyyyahhhh. Dan saya salut dengan blogger sukses. Saya aja nih, punya 3 blog. Tapi ngisinya 1 taon sekali tuh ahahahahah. Sekarang yang satu udah dikosongin, yang satu dibiarin, dan yang satu lagi mo dihapus. Eh sekarang malah bikin blog baru lagi, ya blog ini. Padahal juga nggak menyelesaikan masalah :)). Payah

Saya selalu mikir, blogger sukses itu pastilah orang super hebat, atau orang yang emang nggak punya kerjaan. Blogger sukses tuh maksud saya yg bisa awet ngeblog dari dulu sampe sekarang, blognya sama, updatenya rutin, dan isinya bisa dipertanggung jawabkan. Dan yang nulis perseorangan, bukan kelompok atau institusi. Itu susah lho mempertahankannya.

Kalo bukan orang hebat hobi menulis setengah mati yang tahan dengan segala rutinitas nulis atau browsing dan bisa menyelakan sedikit waktu diantara kesibukannya yang sungguh padat, ya orang yang nggak punya kerjaan. Atau satu kategori lagi, yaitu emang orang yang hidupnya dari dunia maya itu, makanya dia mendedikasikan waktunya untuk blog mengeblog itu.

Banyak orang meremehkan penulis atau blogger. Ah, nulis buku itu kan gampang, tinggal cari referensi atu gabung2in aja. Ah, kalo buku tips-tips gw juga bisa, cuma sorry ya gw gak punya waktu buat itu. Ah ngeblog mah gampang kalo gw punya waktu, tinggal cuplakcuplik sana-sini terus dipasang.

Hmmm, emangnya iya apa? Pernah nyoba? Coba dulu deh baru ngomong
Karna saya udah nyoba beberapa kali, susah tu.

So untuk para penulis dan blogger sukses. Apalagi yang bisa menghidupi diri dan keluarga dengan dua kegiatan tersebut, Salut..Sungguh anda hebat sekali.

5 thoughts on “Ngeblog dan menulis itu tidak mudah

  1. nek aku nulis yo nulis wae..

    pertama kali bikin di blogspot taun 2001, terus sempet punya 2 di wordpress tapi dihapus semua. soale kalo ga di hapus atau di delete bisa jadi hantu maya*kata temen sih gitu* tapi yang paling lama yah di multiply…

    ini baru mau serius ngeblog lagi, satu di multiply satu lagi di wordpress. tapi yang di wordpress belum dipikir nama n mau diisi apa

      • sing neng MP emang ga bisa diimpor soale cuma diimpor ke blogger ato livejournal.

        kalo mau dimpor yah satu per satu di post ulang

      • iyo, jare iso, diimpor neng blogger sik, trus seko blogger lagi diimpor neng wordpress. aku tau nyoba, tapi kok rak iso.

        nek di post ulang ki mengko tanggale iso diubah gag ya?

Leave a Reply

