Apresiasi yang salah?

Saya suka baca, selalu saya sebutkan itu. Tapi mungkin untuk mengapresiasi sebuah bacaan saya agak jauh dibelakang para penikmat-penikmat buku. Entah mengapa, terkadang saya begitu menghayati suatu bab atau paragraph, sehingga saya membaca dan membayangkannya berulang-ulang. Atau kalau belum paham benar dan belum bisa mengimajinasikan apa yang tertulis dalam alinea, saya enggan memindahkan mata saya dari alinea tersebut. Apalagi membalik halaman dan melewatinya.

Itu yang membuat saya, mempunyai kecepatan membaca yang biasa saja. Mungkin karena imajinasi saya yang lemah, pemahaman saya yang kurang, dan penghayatan saya yang dangkal, atau karena saya begitu menikmati membaca kata-demi kata dan terlalu menghayati mengimajasikan kalimat demi kalimat.

taken from http://www.cse.buffalo.edu. however,,i'm not that slow reader and i'm not a little bit sloww đŸ™‚

Dan, yang kadang bagi saya terasa aneh dan ganjil. Saya selalu tertawa mebaca buku apapun. buku apapun. dari text book communication theory, novel hantu, novel cerita peri atau novel sejarah. Pasti di salah satu bagian pasti ada saatnya saya akan tertawa geli karena membayangkan dan merasakan kata-kata dalam cerita tersebut. Contohnya saja waktu saya membaca novel bumi manusia-nya Pram, saya tertawa terpingkal-pingkal saat teman saya bilang di novel itu tidak ada satu bagianpun yang lucu. Dan bukan sekali itu saja, ada beberapa contoh lain.

Saya sih sebenarnya tidak pernah menertawakan penderitaan atau ironi kehidupan yang tertulis dalam cerita yang saya tertawakan. Tapi selalu saja, dalam cerita horor atau cerita lainnya, selalu ada ketakutan dan ironi yang bisa ditertawakan atau paling tidak membuat saya tertawa.

Iya nggak sih? Atau apa yang saya alami terjadi juga dengan anda ketika membaca dan itu emang normal2 saja? Atau hanya saya yang tidak bisa mengapresiasi karya dengan baik dan tertawa tidak pada tempatnya?

Leave a Reply

