Selera Musik

Sampai kapan sih orang bisa terus mengikuti jenis musik-musik terbaru, aliran-aliran musik baru dan menggemari band-band baru? Atau gampangnya sampai kapan selera musik seseorang berhenti berkembang? Mungkinkah selera musik bisa berhenti berkembang?

Setidaknya itu yang dulu kira-kira yang bisa saya simpulkan dari perkataan seorang teman sebelum saya hijrah ke jakarta (yang semoga hanya untuk sementara). Waktu itu saya berniat mengkopi vidklip2 dan lagu2 dari komputernya untuk saya bawa sebagai bekal hidup di jakarta (wo elahhh).

Dikamar kostnya yang sudah 3 kali pindah sejak saya kenal dia (yang waktu itu belum ada 2 tahun) dia memutar lagu2 L’arc-en-Ciel yang juga ia putar jaman dulu ketika kita baru saja kenal. Di Playlist winamp-nya, saat itu, play-listnya juga tidak banyak berubah selama kurun waktu 2 tahun saya mengenalnya dan mungkin untuk kurun waktu yang lebih lama lagi bagi dia.

‘Kayaknya selera musikku stop di jaman itu deh mbak’ katanya. Dia bilang, mau band banyak yang gonta ganti, dia banyak suka band baru, MP3nya juga ada. Tapi katanya nggak tau kenapa lagu yang dia puter ya yang itu-itu aja. Paling nggak kalo lagu baru ya yang alirannya nggak jauh dari itu.

Sekarang sudah hampir dua tahun sejak terakhir ketemu dia. Tiba2 aku inget. Hmmm bener juga. Dari dulu lagu yang aku puter ya lagu jaman2 oasis, smashing pumpkins, radiohead, tori amos, bjork, laruku, dan sebangsanya ngetop. Yah bisa dibilang lagu dari artis yang muncul paling mentok taon 2000 deh. Paling-paling sekarang nambah Mew ama  Sore doang.

Hmmmmm…apa iya selera musik seseorang bisa berhenti berkembang ya. Ah, nggak tau juga. Saya toh bukan musisi yang bisa bilang kalo musik itu mencerminkan ideologi atao mencerminkan bakat, intelegensia, kreatifitas bla bla bla

Yang saya tau, lagu yang saya setel di play list saya memang itu-itu aja. Lagu baru memang suka, MP3 memang punya. Tapi kalo udah nyusun play list, selalu nggak on the list he3..

my number one moodmaker playlist.hagz..continuously played from time to time

Leave a Reply

