Moore’s Law

Berawal dari rasa penasaran karna di buku2 komunikasi sering banget disebut-sebut kata2 moore’s law, ditambah lagi semester lalu pak Prof sering menyebut2 kata ini dikala sedang mengantuk di kelas..akhirnya moore’s law menang! Yes men, u win..baeklah mari kita bahas tentang apa sih dirimu. Kita cari, seberapa penting sekalinya untuk ilmu komunikasi

Secara general sekali, Moore’s law adalah dalil yang dikemukakan oleh Gordon Moore, co-foundernya intel yang pada taon 1965 memprediksikan integrated circuits di masa depan. Dia dianggap sebagai seseorang  visionary karna di jaman yang komputer itu masih lebih gede dari rak-rak barang di carrefour yang berjajar2 itu, si moore ini sudah memprediksikan kalo jumlah transistor dalam sebuah chip akan berlipat dua setiap dua tahun sekali. Nah langkah ini lah yang tetap dipegang oleh intel selama 40 tahun terakhir ini.

Begini nih kata-katanya yang ada di Electronics Magazine, April 1965:

The complexity for minimum component costs has increased at a rate of roughly a factor of two per year … Certainly over the short term this rate can be expected to continue, if not to increase. Over the longer term, the rate of increase is a bit more uncertain, although there is no reason to believe it will ot remain nearly constant for at least 10 years. That means by 1975, the number of components per integrated circuit for minimum cost will be 65,000. I believe that such a large circuit can be built on a single wafer.

Transistor Count and Moore's Law - 2008
Transistor Count and Moore’s Law – 2008

Prediksi ini secara langsung dan tidak langsung menjadi sebab munculnya prinsip-prinsip yang mendorong industri semi konduktor (iiihhhh…nggak komunikasi banget ya). Para eknologis ditantang untuk memunculkan terobosan-terobosan tiap taun untuk memastikan memenuhi moore’s law tadi. Ketika direview  lagi taon 1995, Moore menyimpulkan kalo prediksinya itu masih akan tetap berjalan dalam waktu cukup lama (Pas itu, mikroprosesor intel pentium terdiri dari hampir 5 juta transistor)

Kata Jon Stokes di artikelnya, ada tiga faktor yang menarik dari moore’s law.
Pertama, dengan mempelajari teori aslinya  akan memberikan kita kesempatan untuk mempelajari tentang faktor utama yang membentuk industri semikonduktor (skip, this is not communication part), dan tentunya bisa membentuk apa yang bisa kita lakukan dengan komputer dan kehidupan modern. Lalu kita akan bisa melihat bagaimana penelitian moore’s ini bermetamofosis dalam konstruksi media saat ini yaitu “Moore’s Law” sebagai pernyataan kinerja.
Karna, formula moore’s ini bukan melulu hanya tentang meningkatkan tenaga komputer, dan juga lebih dari sekedar
menyusutkan ukuran.

Kedua, adalah menyangkut efek moore’s law ini. Pada akhirnya kita akan melihat betapa moore’s law bertanggung jawab pada jargon “Smaller, cheaper, more reliable and everywhere” untuk menggantikan “bigger, faster and more power hungry.”

Yang terakhir, adalah melihat bagaimana masa depan dalil ini.

Di salah satu wawancara taon 2005, Moore sendiri bilang kalo Moore’s Law is dead. “It can’t continue forever. The nature of exponentials is that you push them out and eventually disaster happens, bla bla bla dan beberapa alasan lainnya.
Yah, mo mati mo enggak, yang jelas dunia komputer dan teknologi media dan komunikasi nggak akan kayak sekarang ini tanpa moore’s law. Satu yang bagus dari mempelajari tentang moore’s law ini adalmenurutku adalah betapa pentingnya memikirkan trend yang akan terjadi beberapa tahun ke depan. Yah si Gordon Moore — yang jebolan University of California at Berkeley dan California Institute of Technology (no wonder ya….)— ini paling enggak membuktikan betapa pentingnya memprediksikan apa yang akan terjadi di masa depan.  Sama ama McLuhan dengan bukunya Understanding media: The extensions of man.

Hmmmm…kayaknya bener juga omongan pak Prof. Ngapain ngubek-ubek dan terbelit dgn ilmu masa lalu (dalam konteks media..)


Classic.Ars: Understanding Moore’s Law, Jon Stokes. http://arstechnica.com/hardware/news/2008/09/moore.ars

“Moore’s Law” Predicts the Future of Integrated Circuits” Computer History Museum. 2007. http://www.computerhistory.org/semiconductor/timeline/1965-Moore.html.

Moore’s Law is dead, says Gordon Moore. By Manek Dubash, Techworld. 13 April 2005. http://www.techworld.com/opsys/news/index.cfm?NewsID=3477

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s