Tentang Cyworld

artis-artis korea selatan pasti pada punya mini-hompy dan tergabung ke cyworld. mulai dari semua anggota suju sampe pasangan WGM favorit saya jo-kwon dan ga-in juga punya mini-hompy. mereka lebih rajin up-date info mereka sendiri di situ dari pada twitter, apalagi fb, jarang banget yang punya fb. sebelnya, mini-hompy mereka pake hangeul T.T

saya penasaran banget sama cyworld. pas kebetulan saya buka-buka lagi buku yang saya beli di di kampus pas nyusun tesis kemarin, ternyata ada 1 chapter tentang cyworld. Judul bukunya uses of blogs, editornya axel bruns sama Joane Jacobs. terus si penulis cyworld ini namanya Jaz Hee-Jeong Choi *wedew jangan2 sodaranya siwon choi ni :D~ *

Hee-jeong, mengadakan penelitian tentang cyword dan konteks kulturalnya di Korea Selatan terutama untuk para pemuda di-sana. mungkin yang jadi dasar adalah statement dari Presiden SK Telecommunications, Hyun-oh Yoo yang pada tahun 2005 bilang kalo 90% dari pengguna internet yang berumur duapuluhtahunan adalah anggota cyworld.

Para anggota cyworld *kata wikipedia refer to cyber world* ini masing-masing punya akun miny-hompi. Mini-hompy adalah home page gratis yang udah dicostumaize untuk para cyworld user. mini-hompy mengkombinasikan blog pribadi, dan multimedia website yang interaktif. Fungsinya sama kayak blog pada umumnya. dengan adanya mini-hompy ini, korea selatan yang penduduknya cuma sekitar 48 juta-an ini menjadi negara yang memiliki blogger terbanyak kedua di-dunia. Satu-satunya yang bisa mengalahkan jumlah blogger di korea selatan cuma amerika serikat yang penduduknya berlipat-lipat kali penduduk korea selatan.

ini kalo kita pertama kali mo sign in ke cyworld. taken from cyworld.com

pada dasarnya cyworld adalah online-community. yang membuat penggunanya betah adalah, tidak ada limit yang membatasi muatan miny hompy. meski sekali posting maksimal file yang bisa di upload cuma 2MB.

Menurut hee-jeong, keunikan cyworld adalah pada fungsinya yang tidak hanya merangkul tradisi kolektif korea selatan, namun juga meningkatkan perilaku individualisme pada budaya korea selatan kontemporer. Di korea selatan, self-expression atau melontarkan pendapat pribadi bukanlah tradisi yang cukup didukung oleh konsep bermasayarakat secara kolektif korea utara. Keterbukaan dianggap memicu penyimpangan individu yang akhirnya mengganggu keharmonisan kelompok/kolektif.

Dengan cyworld, tradisi tersebut mulai berubah. Mungkin tidak jauh beda dengan fenomena FB di Indonesia. Tiba-tiba semua orang yang biasanya tertutup mulai curhat lewat status2nya.

pada dasarnya cyworld emang bisa dibilang gak jauh juga kayak FB. di cyworld ada hubungan yang disebut 1-chon relation. Pada dasarnya chon dalam masyarakat korea selatan adalah tingkat keterhubungan dalam hubungan darah. Misal suami istri = 0-chon. Terus orang tua dan anak = 1-chon. kakek sama cucu= 2-chon dst. Kalo dalam cyworld, virtual I-chon terbentuk melalui “invite dan accept” teman. kalo invetenya di accept terus si inviter dan yang accept itu jadi 1-chon.

Beda dengan domain-domain blog lainnya yang cuma butuh alamat imel dan user name beserta paswordnya untuk gabung, kalo cyworld ini butuh nama asli dan korean resident identification numbers *kayak ktp kali ya, it means non korean ga bisa gabung cyworld*. :ktp” ini diverifikasi dulu baru bisa masuk jadi member cyworld.

Bedanya lagi dengan blog pada umumnya, di cyworld ini ada yang namanya fitur conten scrap. jadi pemilik mini-hompy boleh nye-scrap alias menukil alias ngopi alias ngambil konten dari mini-hompy orang lain atau temannya dengan bebas terus dipajang di mini-hompy mereka sendiri. scrap ini disebut peogada. kalo nyecrap ini gak perlu ada izin dari yang punya konten atau penulisnya , langsung ambil-ambil aja. cuma, dikonten asli yang discrap tertinggal hyperlink miny-hompy yang nyecrap. lalu di tiap konten itu kelihatan udah berapa kali konten di scrap dan hyperlink mini-hompy yang udah pernah nyecrap.

cyworldnya kim heechul. taken from http://www.cyworld.com/yuri9doo.

sama seperti blog-blog atau social network pada umumnya kalo identitas yang on-line merupakan identitas yang dikonstruksikan sendiri oleh usernya. jadi identitas yang ada pada miny-hompy bisa jadi bukanlah identitas orang itu di dunia nyata, namun konstrusi identitas yang dia ciptakan, yang ingin di share kepada orang-orang di dunia maya.

Kayaknya panjang bener. segini aja dulu sekilas cyworld. konklusi hee-jeong, tanpa diragukan lagi cyworld adalah salah satu moda komunikasi konvensional masyarakat modern yang menempatkan penggunanya pada kewajiban sosial untuk selalu sign-in. Diwaktu yang sama, keberadaan cyworld bukanlah sebagai alternatif atau alat komunikasi yang benar-benar baru, namun lebih sebagai perpanjangan dari metode komunikasi dari kebudayaan pemuda-pemudi di kutur Korea selatan saat ini.

Source: Living in Cyworld:Contextualizing Cy-Ties in South Korea, Jaz Hee-jeong Choi;
Dalam Uses of Blogs. Bruns, Axel; Jacobs, Joanne. Peter Lang Publishing, Inc. New York, 2006.

Istilah dalam cyworld:
jjang : the best. sindrom foto yang dipajang di mini-hompy terus di-vote secara on-line.
uljjang: person with best face
momjjang: people with the best physique
avatar: personifikasi grafis pengguna dalam dunia virtual
peogada: menggali sesuatu dari sumber. mengkopi informasi yang memang duplicable
1 -chon: sistem pertemanan yang digunakan dalam cyworld.

Advertisements

2 thoughts on “Tentang Cyworld

  1. Sama dong kaya Weibo. Harus ada data2 yang terverifikasi.
    Weibo done, Cyworld belum nih, nunggu tahun depan kul di sana dulu deh ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s