Firebelly

Akhirnya selese juga baca firebelly karangan J.C. Michaels. i must admit that i’m a slow reader *bukan karna saya nggak paham-paham, tapi karna saya suka sekali membaca satu paragraf berulang-ulang sampe feelingnya masuk kekeke*

Awalnya novel firebelly yang bernafaskan filsafat ini ruwet banget. apalagi pendahuluannya ada tiga. pengantar anak-anak, pengantar remaja, pengantar dewasa. Pengantarnya nggak ada hubungan sama sekali sama cerita firebelly. Kata Michaels sih buat pemanasan. tapi setelah saya baca emang pendahulan ini kayak simulator yang ada di game rollercoaster tycoon itu. jadi calon penumpang rollercoaster dimasukin ke simulator yang ngocok2 perut sebelum masuk ke roller coaster beneran. sama, pengantar ini memang bikin kening kerut merut pas baca. tapi pas udah baca, ternyata isi ceritanya nggak seruwet pendahuluannya.

Awal saya baca, saya seperti sedang membaca novel josteein garder yang judulnya “putri sirkus dan pria penjual dongeng”. terutama bagian bagaimana Michaels berbicara tentang mimpi yang bisa dikendalikan. Sama seperti gaarder ketika menceritakan tentang mengendalikan mimpi. bagaimana sang tokoh sulit membedakan antara kejadian nyata yang benar-benar terjadi di masa lalu dengan kejadian yang hanya khayalan dan mimpi saja.

Tapi cuma di situ saja, sih kemiripannya. Awal tok. Mulanya saya meremehkan J.C. Michaels dan novelnya ini, karna saya emang belum pernah denger dan pada sampul tidak terlalu mengumbar winner ini itu, best seller ini itu dan review menarik dari koran-koran besar. Tapi setelah baca, ternyata saya dan Michaels mempunyai selera yang nggak jauh beda. sama seperti yang suka novel-novel filsafat lainnya, pasti baca juga atau paling tidak tertarik pada Jean-Paul Sartre, Martin Heidegger, dan kawan-kawannya. Nah Michaels dengan gamblang menunjukkan warna-warna para penulis dan pemikir itu dalam bukunya. Bahkan di catatan akhir, Michaels memamerkan influencer dari novelnya mulai dari Gabriel Gale sampe Dostoyevsky (dua nama yang baru saya dengar T.T). Saya salah nilai. saya sudah menjudge dari cover.

firebelly by J.C. Michaels. Covernya nggak menjanjikan. Tapi isinya bagus ๐Ÿ˜€

secara garis besar, firebelly menceritakan katak asia jenis bombinatoridae yang biasanya disebut oriental firebelly toad bernama MP dan perjalanannya dalam memutuskan jalan hidup. Personifikasi Michaels terhadap katak sungguh bagus. cara menggabungkan dengan tokoh-tokoh manusia dalam cerita juga lumayan okay. walo saya lebih suka murakami dalam mempersonifikasi kucing *mungkin masalah persepsi saya terhadap kucing dan katak*.

Novel ini cukup sederhana pada dasarnya. Masalah yang dihadapi tokoh-tokohnya juga sebenarnya masalah sederhana yang dihadapi manusia kebanyakan. Namun sudut pandang katak dan manusia seperti claire, ayah caroline, pak levante dan tentu katak tua dan MP yang dipersonifikasi dalam memutuskan dan menilai permasalahan sederhana itu yang tidak sederhana dan sungguh bagus. Ceritanya berkisar pada masalah yang selalu dihadapi oleh manusia : pilahan untuk tetap di zona nyaman atau keluar dari zona nyaman; tetap terikat dan terkurung atau menjadi liar dan bertualang.

ada begitu banyak paragraf dan kata bagus yang bijak dalam novel ini. Tapi yang paling saya suka adalah perkataan katak tua kepada MP ketika masih di toko binatang peliharaan.

” Kalau kamu hidup di luar, dengan cepat kamu akan belajar untuk melindungi dirimu sendiri. Mula-mula kamu akan melompat untuk menghindari setiap bahaya, tapi kamu akan segera menyadari tidak ada tempat yang selalu aman. Sebenarnya hanya ada satu yang bisa kamu lakukan, terutama ketika bahaya mengintaimu dari setiap sudut…Sangat sederhana..Diam saja”

Good job J.C . Michaels ๐Ÿ˜€

2 thoughts on “Firebelly

Leave a Reply

