harimau putih india

buku ini saya beli di gramedia ambon plaza hari minggu lalu. alasannya ceritanya tentang india oleh penulis india, terus covernya bagus, dan terutama ada komentar reviewer dari USA Today yang bilang merasa tertendang di kepala setelah membaca buku ini.

secara keseluruhan sih bagus. aravind menjual cerita gelap india yang memang sungguh mengenaskan. aravind menggambarkan sisi kelam india baik itu kotanya, sistem politiknya yang demokrasi parlementer, menceritakan tentang betapa miskinnya dan menyedihkannya orang india, juga mengilustrasikan dengan jelas posisi laki-laki dalam keluarga miskin India, dan terutama bagaimana seluruh india hidup dalam satu sistem. sistem kandang ayam, dimana 0,1% orang india menginjak 99,99 % orang india lainnya.

cover the white tiger by aravind adiga. bagus 😀

sensasi menendang kepala yang dikatakan oleh reviewer USA Today memang tidak main-main -kalau kita hidup di amerika-, tapi kalau kita hidup di Indonesia, ya nggak nendang kepala banget, mungkin cuma kayak ditoyor aja. soalnya pas jaman saya kecil tipi-tipi indo sering nyiarin felem india yang ceritanya tentang perlawanan rakyat jelata pada tuan tanah yang namanya tuan takur.

Bagusnya, kalo orang indonesia baca novel ini, mungkin mereka akan merasa beruntung hidup di indonesia semiskin apapun. aravind tidak memberitahu pembacanya india jaman apa yang dia kisahkan. tapi dari awal cerita, novel ini berwujud e-mail yang dikirimkan oleh si white tiger kepada wen jiabao. Wen jiabao sendiri masa jabatannya di Cina sana tahun 1998-2003. Jadi mungkin setting waktunya sekitar itu.

Mungkin ceritanya bisa saja tidak relevan dengan kondisi india sekarang, terutama setelah ada lahksmi narayan mittal dengan raksasa bajanya yang bahkan mulai menancapkan kuku di Indonesia dan juga setelah adanya tata group, dan berpuluh-puluh milyuner india yang mulai tercantum dalam list orang terkaya di dunia versi forbes. Bisa saja tidak relevan, tapi bisa juga relevan.

Terlepas dari semua itu, novel ini terlalu suram untuk orang amerika-an. mungkin, orang indonesia lebih paham. novel ini nggak susah dibaca. satu hari selesai dan tidak ada banyak paragraf yang bisa dijadikan qoute of the day saya. tapi kalo ingin tau tentang kehidupan india yang sebenar-benarnya, novel ini sungguh berani mengungkap sisi-sisi terkelam india.

saya mikir emangnya nggak papa ya si penulis ini nulis gitu. tapi saya mikir lagi, dengan sistem kandang ayam india, mungkin gak masalah. sama seperti balram si tokoh utama novel, mungkin aravind akan tenggelam -dalam arti tersamar- oleh miliaran penduduk india lainnya.

Advertisements

3 thoughts on “harimau putih india

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s